ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC-PROBLEM-SOLVING PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN SCHOOLOGY


Putri Wijayanti, 4101415044 (2019) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC-PROBLEM-SOLVING PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN SCHOOLOGY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC-PROBLEM-SOLVING PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN SCHOOLOGY]
Preview
PDF (ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC-PROBLEM-SOLVING PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN SCHOOLOGY) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tes literasi matematika awal di SMP Negeri 4 Semarang, menunjukkan bahwa literasi matematika siswa masih rendah dengan rata-rata nilainya yaitu 58. Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi matematika siswa, maka diperlukan kemandirian belajar dan model pembelajaran yang mendukung. Pembelajaran DAPIC-Problem-Solving merupakan pembelajaran berbasis masalah dengan proses define, assess, plan, implement, dan communicate. Selain itu, agar siswa lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran, maka dapat digunakan pendekatan PMRI dan berbantuan Schoology sebagai salah satu upaya untuk mengefisiensikan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan Schoology berkualitas, (2) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap literasi matematiksa siswa pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan Schoology, dan (3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan Schoology. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah mix method dengan concurrent embedded. Materi yang dikaji pada penelitian ini adalah aritmetika sosial. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dan penentuan subjek dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology pada tahap perencanaan/persiapan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, tahap pelaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, dan tahap evaluasi pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik; (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap literasi matematika siswa pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology sebesar 55,3%; dan (3) literasi matematika pada subjek dengan kemandirian belajar tinggi, sangat baik pada komponen communication, mathematising, representations, dan using mathematics tools, serta baik atau cukup baik untuk komponen yang lain; literasi matematika pada subjek dengan kemandirian belajar sedang, baik pada komponen communication, mathematising, representations, reasoning and argument, dan using mathematics tools serta kurang baik pada komponen yang lain; dan literasi matematika pada subjek dengan kemandirian belajar rendah, baik pada komponen communication, mathematising, reasoning and argument, dan using mathematics tools, serta kurang baik pada komponen yang lain. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology berkualitas sangat baik; (2) adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap literasi matematika siswa sebesar 55,3%; dan (3) siswa pada subjek dengan kemandirian belajar tinggi memenuhi kriteria sangat baik pada lima dari tujuh komponen literasi matematika, siswa pada subjek dengan kemandirian belajar sedang memenuhi kriteria baik pada empat dari tujuh komponen literasi matematika, dan siswa pada subjek dengan kemandirian belajar rendah memenuhi kriteria baik pada tiga dari tujuh komponen literasi matematika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi matematika, kemandirian belajar, PMRI, schoology
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:14
Last Modified: 16 Oct 2020 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40057

Actions (login required)

View Item View Item