ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING


Laela Sih Harti, 4101415043 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika sangat penting untuk dikembangkan agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas demi kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang. Aljabar merupakan salah satu materi yang berkaitan erat dengan kemampuan berpikir kritis. Aljabar merupakan bagian dari matematika yang sangat penting untuk membantu menyelesaikan masalah matematika lainnya. Berpikir aljabar merupakan representasi dari aktivitas/kemampuan dalam mempelajari aljabar sekolah. Penelitian ini berfokus pada kemampuan berpikir aljabar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis pada pembelajaran problem based learning. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) menguji kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran problem based learning mencapai ketuntasan minimal; (2) menguji kemampuan siswa dalam berpikir aljabar pada pembelajaran problem based learning mencapai ketuntasan minimal; (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 6 Semarang, sampel penelitian kelas VIII G, dan subjek penelitian diambil 9 dari 34 siswa kelas VIII G dengan masing-masing 3 siswa dari kelompok kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis pada pembelajaran Problem Based Learning mencapai ketuntasan minimal; (2) kemampuan siswa dalam berpikir aljabar pada pembelajaran Problem Based Learning mencapai ketuntasan minimal; (3) siswa pada kelompok kemampuan berpikir kritis tinggi, mempunyai kemampuan generasional dan kemampuan level-meta global yang cenderung tinggi sedangkan kemampuan transformasional sedang sampai tinggi, siswa pada kelompok kemampuan berpikir kritis sedang, mempunyai kemampuan generasional, kemampuan transformasional, dan kemampuan level-meta global yang cenderung sedang, sedangkan siswa pada kelompok kemampuan berpikir kritis rendah, mempunyai kemampuan generasional dan kemampuan transformasional yang cenderung rendah, namun kemampuan level-meta global rendah sampai sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Aljabar, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Problem Based Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:11
Last Modified: 16 Oct 2020 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40056

Actions (login required)

View Item View Item