EFEKTIFITAS MEDIA PERMAINAN WHAT’S MISSING DALAM KETERAMPILAN MENULIS HANZI BAHASA MANDARIN SISWA KELAS IV SD NUSAPUTERA SEMARANG


Natalia Susanti, 2404414009 (2020) EFEKTIFITAS MEDIA PERMAINAN WHAT’S MISSING DALAM KETERAMPILAN MENULIS HANZI BAHASA MANDARIN SISWA KELAS IV SD NUSAPUTERA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MEDIA PERMAINAN WHAT’S MISSING DALAM KETERAMPILAN MENULIS HANZI BAHASA MANDARIN SISWA KELAS IV SD NUSAPUTERA SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MEDIA PERMAINAN WHAT’S MISSING DALAM KETERAMPILAN MENULIS HANZI BAHASA MANDARIN SISWA KELAS IV SD NUSAPUTERA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan keterampilan tertinggi dalam keterampilan berbahasa. Berdasarkan data awal kelas IV A dan Kelas IV B SD Nusaputera Semarang peneliti menemukan kendala dalam pembelajaran menulis hanzi bahasa Mandarin. Kesulitan tersebut diantaranya adalah siswa kesulitan memahami goresan dan bentuk hanzi,siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran bahasa Mandarin dikarenakan guru yang selalu menggunakan metode yang sama setiap harinya yaitu metode ceramah, buku ajar yang semakin sulit karena berganti menggunakan buku pelajaran dengan huruf tradisional (fantizi) bukan lagi huruf hanzi sederhana (tiantizi). Melihat permasalahan yang dihadapi siswa oleh karena itu diperlukan adanya penerapan permainan dalam pelajaran untuk melatih keterampilan menulis hanzi salah satunya adalah dengan menerapkan media permainan what’s missing sebagai media pembelajaran menulis hanzi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penggunaan permainan what’s missing dalam pembelajaran menulis hanzi bahasa Mandarin di SD Nusaputera Semarang, 2) untuk mengetahui efektivitas permainan what’s missing sebagai media pembelajaran dalam keterampilan menulis hanzi bahasa Mandarin siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas 4A dan 4B. Sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi, yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 19 siswa kelas eksperimen dan 16 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji independent sample t-test , data keterampilan menulis hanzi bahasa Mandarin menunjukan nilai thitung > ttabel (2,533 > 2,032) dan nilai signifikansinya 0,016 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pada keterampilan menulis hanzi bahasa Mandarin antara siswa kelas IV yang menerapkan media permainan what’s missing dibanding yang hanya menerapkan pembelajaran konvensional . Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan media permainan what’s missing efektif dalam keterampilan menulis hanzi bahasa Mandarin dibanding dengan yang hanya menerapkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa mandarin;media permainan what’s missing; keterampilan menulis hanzi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:07
Last Modified: 16 Oct 2020 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40054

Actions (login required)

View Item View Item