KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA


Nurul Fuadiyah, 4101415029 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA) - Published Version
Download (802kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy merupakan aspek kognitif dan afektif yang sangat penting bagi siswa. Namun kemampuan siswa dalam kedua aspek itu masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 17 Semarang diperoleh dari hasil tes studi pendahuluan pada materi persamaan linear satu variabel dan perbandingan yang dilakukan oleh peneliti. Kemudian berdasarkan wawancara dan penelitian pendahuluan di SMP Negeri 17 Semarang, peneliti menemukan bahwa kepercayaan dengan kemampuan diri atau yang biasa disebut dengan self-efficacy siswa masih tergolong rendah. Hal ini terlihat ketika disajikan masalah matematika, seringkali siswa mengeluh terlebih dahulu sebelum mereka mencobanya dan menghindarinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh dari selfefficacy terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran dengan model Treffinger, dan (3) umengetahui kesulitan–kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Pada penelitian kualitatif diambil 12 subjek penelitian, yang dipilih masing–masing satu siswa dari tiap kelompok yang ditentukan berdasarkan skor tes kemampuan koneksi matematis dan skor self-efficacy siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Treffinger efektif terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa, (2) terdapat pengaruh positif self-efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran Treffinger, dan (3) Kesulitan yang dialami oleh subjek penelitian diantaranya yaitu kesulitan memahami soal yang menyebabkan sulitnya mengaitkan dan mengoperasikan komponen–komponen yang diketahui dalam soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Koneksi Matematis, Self- Efficacy
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:52
Last Modified: 16 Oct 2020 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40043

Actions (login required)

View Item View Item