ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT KEIRSEY PADA PEMBELAJARAN REACT


Evi Fitriani, 4101415026 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT KEIRSEY PADA PEMBELAJARAN REACT. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT KEIRSEY PADA PEMBELAJARAN REACT]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT KEIRSEY PADA PEMBELAJARAN REACT) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran REACT berdasarkan tipe kepribadian menurut Keirsey. Desain penelitian yang digunakan adalah sequential explanatory design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan model penggabungan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al Khoiriyyah Semarang, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak kelas. Subjek penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 7 subjek penelitian yang dipilih berdasarkan penggolongan tipe kepribadian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII dengan model pembelajaran REACT mencapai ketuntasan belajar, (2) siswa dengan tipe kepribadian Idealist mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan koneksi matematis, (3) siswa dengan tipe kepribadian Artisan mampu menerapkan hubungan antar topik matematika, dan terdapat perbedaan kemampuan dalam menerapkan dan menggunakan matematika dalam bidang ilmu lain atau dalam kehidupan sehari-hari, (4) siswa dengan tipe kepribadian Guardian mampu menerapkan hubungan antar topik matematika, dan terdapat perbedaan kemampuan dalam menerapkan dan menggunakan matematika dalam bidang ilmu lain atau dalam kehidupan sehari-hari, (5) siswa dengan tipe kepribadian Rational mampu menerapkan hubungan antar topik matematika, dan tidak mampu menerapkan dan menggunakan matematika dalam bidang ilmu lain atau dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan model pembelajaran REACT dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, dan perlunya bimbingan terhadap masing-masing tipe kepribadian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Tipe Kepribadian, Model Pembelajaran REACT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:49
Last Modified: 16 Oct 2020 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40042

Actions (login required)

View Item View Item