KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SAVI DENGAN ELABORATED FEEDBACK


Devy Kurniawati, 4101415024 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SAVI DENGAN ELABORATED FEEDBACK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SAVI DENGAN ELABORATED FEEDBACK]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SAVI DENGAN ELABORATED FEEDBACK) - Published Version
Download (990kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika sebagai sarana komunikasi antar peserta didik yang dapat mempercepat pemahaman peserta didik. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP N 35 belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran model SAVI dengan elaborated feedback. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran SAVI dengan elaborated feedback, dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan kelompok atas, tengah dan bawah. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 35 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan pemilihan subjek dengan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji rata-rata dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model SAVI dengan elaborated feedback efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yaitu (a) peserta didik dengan kemampuan komunikasi atas sudah mampu memenuhi empat indikator komunikasi matematis dengan baik. Peserta didik mampu melukiskan gambar dalam bentuk ide matematika, dan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam model matematika, dan masih kesulitan dalam mengungkapkan kembali pernyatan matematika dengan bahasa sendiri; (b) peserta didik dengan kemampuan Komunikasi matematis kelompok tengah sudah mampu memenuhi tiga indikator komunikasi matematis. Peserta didik mampu menjelaskan ide matematis dengan gambar dan menyusun konjektur dengan baik, dan masih kesulitan dalam menyatakan peristiwa sehari-haari dalam model matematika; (c) peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis kelompok bawah dapat memenuhi tiga dan dua indikator kemampuan komunikasi matematis. Peserta didik masih kesulitan dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam model matematika dan menyatakan pernyataan matematika dengan bahasa sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, SAVI, Elaborated feedback
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:46
Last Modified: 16 Oct 2020 00:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40041

Actions (login required)

View Item View Item