KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN MATHEMATICS THEMATICALLY DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA


Vita Fadillah, 4101415021 (2019) KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN MATHEMATICS THEMATICALLY DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN MATHEMATICS THEMATICALLY DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN MATHEMATICS THEMATICALLY DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (864kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran induktif penting dimiliki oleh siswa untuk memecahkan masalah dalam mempelajari matematika. Namun, kemampuan penalaran induktif siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran masih belum optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pembelajaran dengan menggunakan model MMP dengan pendekatan Mathematics Thematically untuk melatih kemampuan penalaran induktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan klasikal pembelajaran MMP dengan pendekatan Mathematics Thematically, kemampuan penalaran induktif siswa pada pembelajaran MMP dengan pendekatan Mathematics Thematically dan pada pembelajaran model MMP, menguji pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan penalaran induktif, dan mendeskripsikan kemampuan penalaran induktif siswa berdasarkan kemandirian belajar atas, tengah, dan bawah. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran sebanyak 310 siswa dengan sampel siswa kelas VIII B sebanyak 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII D sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji proporsi, uji rata-rata, uji dua proporsi, uji dua rata-rata, serta uji regresi linier sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan penalaran induktif dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran MMP dengan pendekatan Mathematics Thematically mencapai ketuntasan klasikal, (2) Kemampuan penalaran induktif dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran Missouri Matematics Project (MMP) dengan pendekatan Mathematics Thematically lebih baik dari kemampuan penalaran induktif dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran Missouri Matematics Project (MMP), (3) Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan penalaran induktif dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran Missouri Matematics Project (MMP) dengan pendekatan Mathematics Thematically. Siswa dengan kemandirian belajar atas kemandirian belajar tinggi sudah dapat memenuhi indikator penalaran anlogi; indikator memperkirakan jawaban, indikator penalaran trsnduktif, dan belum memenuhi indikator penalaran generalisasi.; siswa dengan kemandirian belajar tengah belum mampu indikator penalaran trsnduktif dan penalaran generalisasi dan siswa dengan kemandirian belajar bawah belum mampu menguasai indikator memperkirakan jawaban, penalaran trsnduktif dan penalaran generalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Induktif, MMP, Mathematics Thematically, Karakter Kemandirian Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:42
Last Modified: 16 Oct 2020 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40040

Actions (login required)

View Item View Item