ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATISASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SNOWBALL THROWING BERPENDEKATAN RME


Putri Dhea Purnama Sari, 4101415020 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATISASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SNOWBALL THROWING BERPENDEKATAN RME. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATISASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SNOWBALL THROWING BERPENDEKATAN RME]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATISASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL SNOWBALL THROWING BERPENDEKATAN RME) - Published Version
Download (788kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui apakah kemampuan matematisasi siswa kelas VIIA pada pembelajaran model Snowball Throwing berpendekatan RME mencapai ketuntasan (2) mendeskripsikan kemampuan matematisasi siswa kelas VIIA pada pembelajaran model Snowball Throwing berpendekatan RME. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan sequential explanatory design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 40 Semarang. Pengambilan sampel dan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan matematisasi dan wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) kemampuan matematisasi siswa kelas VIIA pada pembelajaran model Snowball Throwing berpendekatan RME tuntas secara proporsi yaitu lebih dari 75% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran model Snowball Throwing berpendekatan RME mencapai nilai 65, (2) deskripsi kemampuan matematisasi siswa kelas VIIA pada pembelajaran model Snowball Throwing berpendekatan RME yaitu : (a) matematisasi yang dilakukan oleh subjek pada kelompok tinggi, yaitu mengambil intisari dari suatu permasalahan untuk mengidentifikasi konsep materi, menuliskan intisari dari permasalahan sebagai apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, menuliskan rumus, membuat model matematika, menyelesaikan permasalahan dengan langkah yang runtut dan lengkap, memberikan kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan pada soal, (b) matematisasi yang dilakukan oleh subjek pada kelompok sedang, yaitu menentukan intisari dari suatu permasalahan, untuk mengidentifikasi konsep materi, menuliskan rumus pada beberapa penyelesaian, membuat model matematika, menggunakan langkah/algoritma penyelesaian yang jelas, tetapi tidak runtut, memberikan kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan, tetapi terdapat beberapa kesimpulan yang salah, (c) matematisasi yang dilakukan oleh subjek pada kelompok rendah, yaitu menentukan konsep materi tanpa menemukan intisari permasalahan terlebih dahulu, tidak menuliskan rumus, tidak mengubah masalah ke dalam model matematika, menggunakan langkah penyelesaian yang tidak jelas dan runtut, memberikan kesimpulan pada beberapa penyelesaian akan tetapi kesimpulan yang diberikan tidak tepat maupun tidak sesuai dengan permasalahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Matematisasi, Snowball Throwing, Realistic Mathematics Education (RME)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:40
Last Modified: 16 Oct 2020 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40039

Actions (login required)

View Item View Item