KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXPLANATORY FEEDBACK


Susanti Trirahayu, 4101415017 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXPLANATORY FEEDBACK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXPLANATORY FEEDBACK]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXPLANATORY FEEDBACK) - Published Version
Download (783kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini, diterapkan pembelajaran model Problem Based Learning dengan Explanatory Feedback, yaitu pembelajaran berbasis masalah dengan menambahkan adanya feedback atau umpan balik kepada siswa berupa catatan-catatan kecil pada lembar jawab kuis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan efektivitas dari pembelajaran model Problem Based Learning dengan Explanatory Feedback dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok untuk masing-masing jenis gaya belajar, yaitu gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik (V-A-K). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran atau mixed method dengan sequential explanatory design atau urutan pembuktian, yaitu dilakukan penelitian kuantitatif pada tahap pertama kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif pada tahap kedua. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 17 Semarang tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII G dan VIII H SMP Negeri 17 Semarang yang dipilih secara acak menggunakan metode simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII H SMP Negeri 17 Semarang yang masing-masing adalah 2 siswa dengan tipe gaya belajar visual, 2 siswa dengan tipe gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode tes, metode kuesioner, dan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran model Problem Based Learning dengan explanatory feedback efektif pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, yaitu mencapai tuntas individual dengan ????ℎ????????????????????=8,052 yang lebih besar dari ????????????????????????, tuntas klasikal sebesar 75 % dengan ????ℎ????????????????????=2,230 yang lebih besar dari ????????????????????????, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol dengan ????ℎ????????????????????=2,544 yang lebih besar dari ????????????????????????; (2) terdapat pengaruh positif dari gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dengan persamaan regresi yaitu ????̂=39,615+0,541????, dan gaya belajar memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 12%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Problem Based Learning, Explanatory Feedback
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:37
Last Modified: 16 Oct 2020 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40038

Actions (login required)

View Item View Item