KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES PADA MATERI HIMPUNAN


Ria Risqiana Agustina, 4101415015 (2019) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES PADA MATERI HIMPUNAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES PADA MATERI HIMPUNAN]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES PADA MATERI HIMPUNAN) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kemampuan koneksi matematis berkaitan dengan disposisi matematis. Dalam penelitian ini pembelajaran yang diterapkan menggunakan Model Eliciting Activities. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran Model Eliciting Activities mencapai batas ketuntasan aktual secara rata-rata; (2) mengetahui kemampuan koneksi matematis dalam Model Eliciting Activities mencapai batas ketuntasan aktual secara proporsi; (3) mengetahui rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada Model Eliciting Activities lebih tinggi dari Discovery Learning; (4) mengetahui proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa pada Model Eliciting Activities lebih tinggi dari Discovery Learning; (5) mengetahui terdapat pengaruh antara disposisi matematis dengan kemampuan koneksi matematis; (6) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa dalam Model Eliciting Activities pada materi himpunan. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan sequential explanatory design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 siswa kelas VII E SMP Negeri 7 Semarang, yang terdiri dari 2 orang siswa pada setiap kategori disposisi matematis yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematis siswa dalam Model Eliciting Activities mencapai batas ketuntasan aktual secara rata-rata yaitu 61; (2) kemampuan koneksi matematis siswa dalam Model Eliciting Activities mencapai batas ketuntasan aktual secara proporsi yaitu lebih dari 75% siswa mencapai batas tuntas; (3) rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dalam Model Eliciting Activities lebih tinggi dari Discovery Learning; (4) proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa dalam Model Eliciting Activities lebih tinggi dari Discovery Learning; (5) terdapat pengaruh positif antara disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis; (6) dua subjek dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis yang tinggi; (7) dua subjek dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan koneksi matematis dengan kategori sedang; (8) dua subjek dengan disposisi matematis rendah, satu subjek diantaranya memiliki kemampuan koneksi matematis kategori sedang dan satu subjek lainnya memiliki kemampuan koneksi matematis dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Eliciting Activities, Disposisi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:35
Last Modified: 16 Oct 2020 00:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40037

Actions (login required)

View Item View Item