KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT SISWA PADA MODEL LEARNING CYCLE 5E


Amrizal Marwan Ali, 4101415014 (2019) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT SISWA PADA MODEL LEARNING CYCLE 5E. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT SISWA PADA MODEL LEARNING CYCLE 5E]
Preview
PDF (KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT SISWA PADA MODEL LEARNING CYCLE 5E) - Published Version
Download (787kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model Learning Cycle 5E efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Self- Concept pada model Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quantitative methods dilanjutkan dengan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel penelitian dalam penelitian ini didasarkan pada teknik cluster random sampling. Subjek penelitian dipilih dari kelas eksperimen. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposeful sampling. Subjek penelitian dipilih masing-masing tiga siswa dari untuk setiap kategori, yaitu 3 siswa dari kategori Self-Concept tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode skala, dan metode wawancara. Analisis data kuantitatif meliputi uji ketuntasan klasikal menggunakan uji , uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t, dan uji proporsi menggunakan uji . Indikator kemampuan representasi matematis dalam penelitian ini yaitu: (A) membuat representasi visual (gambar) untuk menjelaskan dan memfasilitasi penyelesaian masalah; (B) membuat persamaan atau model matematis dari representasi yang diberikan; (C) menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis (D) menuliskan interpretasi dari suatu representasi; dan (E) menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) model Learning Cycle 5E efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (2) deskripsi kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Self-Concept diperoleh bahwa subjek dengan Self-Concept rendah hanya dapat memenuhi indikator A dan indikator C. Subjek dengan Self-Concept sedang dapat memenuhi indikator A, indikator B, indikator C dan indikator D. Subjek dengan Self-Concept tinggi dapat memenuhi indikator A, indikator B, indikator C, indikator D dan indikator E.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Self-Concept, Model Learning Cycle 5E
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:57
Last Modified: 15 Oct 2020 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40020

Actions (login required)

View Item View Item