ANALISIS MAJAS YANG TERDAPAT PADA KUMPULAN PUISI DALAM ALBUM LE COEUR INNOMBRABLE KARYA ANNA DE NOAILLES


Suryana Intan Pamungkas, 2311413038 (2020) ANALISIS MAJAS YANG TERDAPAT PADA KUMPULAN PUISI DALAM ALBUM LE COEUR INNOMBRABLE KARYA ANNA DE NOAILLES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS MAJAS YANG TERDAPAT PADA KUMPULAN PUISI DALAM ALBUM LE COEUR INNOMBRABLE KARYA ANNA DE NOAILLES]
Preview
PDF (ANALISIS MAJAS YANG TERDAPAT PADA KUMPULAN PUISI DALAM ALBUM LE COEUR INNOMBRABLE KARYA ANNA DE NOAILLES) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Semantik diperlukan untuk menelaah makna dalam bahasa. Bahasa tidak hanya mengenai komunikasi pada kehidupan sehari-hari, dibutuhkan juga kelihaian dalam bermain kata-kata pada sebuah karya sastra agar dapat diminati masyarakat. Puisi merupakan karya sasta yang memiliki makna tersendiri dengan berbagai bahasa kiasan yang disebut majas. Fungsi dari majas berpengaruh besar terhadap puisi agar menciptakan nilai estetika yang tinggi pada bahasanya. Dalam memaknai majas bukan perkara yang mudah karena terdapat banyak jenisnya sehingga untuk dapat memahami suatu majas harus mengetahui ciri-ciri dari masing-masing majas tersebut. Penelitian ini membahas sebuah permasalahan, yakni majas apa sajakah yang terdapat pada kumpulan puisi dalam album Le Coeur Innombrable karya Anna de Noailles. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Untuk data dianalisis menggunakan metode padan serta digunakan teknik pilah unsur penentu (PUP). Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal dengan teknik penyajian data menggunakan kata-kata. Peneliti mengambil sepuluh judul puisi dari kumpulan puisi dalam album Le Coeur Innombrable karya Anna de Noailles. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menemukan tigabelas majas dengan rincian; 2 majas antonomasia, 18 majas hipalase, 15 majas metalepse, 3 majas metonimia, 4 majas sinekdok, 3 majas alegori, 3 majas aposisi, 35 majas perbandingan, 11 majas correspondances, 18 majas metafora, 10 majas oksimoron, 34 majas calembour, dan 1 majas homonimi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa majas perbandingan dan majas calembour merupakan majas yang paling sering muncul di dalam kumpulan puisi Le Coeur Innombrable.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Semantik, Majas, Puisi, Anna de Noailles.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:59
Last Modified: 15 Oct 2020 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40004

Actions (login required)

View Item View Item