PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG PROFESI UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS XI MA DI KOTA SEMARANG
Khilma Nurul Usroh, 2303416030 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG PROFESI UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS XI MA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG PROFESI UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS XI MA DI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas XI MA. Ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kurangnya pengetahuan siswa mengenai kosakata dan kaidah-kaidah bahasa Arab, latar belakang sekolah siswa, dan kurangnya motivasi siswa, adapun faktor eksternal yaitu sarana penunjang yang digunakan belum mendukung untuk mengasah kemampuan siswa berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan berbicara dengan menggunakan media pembelajaran “Wayang Profesi”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana analisis kebutuhan siswa dan guru, serta analisis SWOT Media Pembelajaran berbasis Wayang untuk Keterampilan Berbicara, 2) Bagaimana Purwarupa Media Pembelajaran Wayang Profesi untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Arab kelas XI, 3) Bagaimana Implementasi dari Media Pembelajaran Wayang Profesi untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, 4) Bagaimana penilaian Guru/ Ahli terhadap Media Pembelajaran Wayang Profesi untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain model ADDIE. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan siswa menginginkan media untuk keterampilan berbicara bahasa arab yang memuat KI KD, indikator, kosakata, dan hiwar berupa “Wayang Profesi”. Penilaian ahli materi dan guru menunjukkan hasil dengan nilai rata-rata 87,8 atau sangat layak, dan oleh ahli media mendapat nilai 86,3 atau sangat layak. Media ini diujicobakan pada siswa kelas XI MIPA 5 di MAN 1 Kota Semarang. Berdasarkan hasil uji coba, media dinyatakan efektif dengan perolehan thitung sebesar 15,4. Sedangkan ttabel 2,021. Sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian produk baru layak dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Media Pembelajaran Wayang Profesi. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 06:57 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 06:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40002 |
Actions (login required)
View Item |