PENGEMBANGAN KARTU PRAKTIS TASHRIFAN (PRATA) BERTEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN ILMU SHOROF PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN MODERN DI KABUPATEN TEGAL


Sani Arbiyah, 2303414058 (2020) PENGEMBANGAN KARTU PRAKTIS TASHRIFAN (PRATA) BERTEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN ILMU SHOROF PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN MODERN DI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KARTU PRAKTIS TASHRIFAN (PRATA) BERTEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN ILMU SHOROF PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN MODERN DI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KARTU PRAKTIS TASHRIFAN (PRATA) BERTEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN ILMU SHOROF PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN MODERN DI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran Ilmu shorof terutama Tashrifan pada siswa kelas VIII MTs berbasis pondok pesantren modern. Permasalahan tersebut adalah kesulitan siswa dalam memahami memahami isi materi dan makna yang terdapat dalam kitab amtsilatut tashrifiyah yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu shorof yang keseluruhan isinya menggunakan bahasa Arab. Adanya masalah tersebut karena siswa kelas VIII MTs baru menerima mata pelajaran Ilmu shorof. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap Kartu Praktis Tashrifan (PRATA) bertema kegiatan sehari-hari, (2) bagaimana prototipe PRATA, (3) bagaimana validasi ahli terhadap PRATA, (4) bagaimana perbaikan-perbaikan terhadap PRATA. Manfaat dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa Kartu Praktis Tashrifan (PRATA) bertema kegiatan sehari-hari untuk menunjang pembelajaran Ilmu shorof pada kelas VIII MTs berbasis pondok pesantren modern. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian dan ngembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai tahap tahap lima dari sepuluh tahap yaitu potensi dan masalah, pengmpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan Kartu Praktis Tashrifan (PRATA) bertema kegiatan sehari-hari untuk manunjang pembelajaran Ilmu shorof pada kelas VIII MTs, 2) prototipe Kartu Praktis Tashrifan (PRATA) dikembangkan dengan dua bagian meliputi fisik media yaitu bentuk, ukuran, jenis kertas, desaim dan warna kartu PRATA serta Isi kartu PRATA yaitu fi’il (kata kerja), fungsi makna, dan tabel istilah. 3) penilaian aspek isi memperoleh nilai rata-rata 84,94. Aspek penyajian mendapatkan nilai rata-rata 84,87. Aspek bahasa mendapatkan nilai rata-rata 83,06. Aspek fisik media mendapatkan nilai rata-rata 83,25. Nilai rata-rata keseluruhan aspek yaitu 84,03, berada pada rentangan nilai 71-85 mencapai skala 3 dengan kategori layak (sesuai).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kartu Praktis Tashrifan, Ilmu shorof, Siswa kelas VIII MTs
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:37
Last Modified: 15 Oct 2020 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39997

Actions (login required)

View Item View Item