KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM JEPARA


Nurul Hidayah, 2303414030 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM JEPARA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM JEPARA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Jepara tergolong masih rendah. Hal ini terlihat dari nilai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan menulis masih kurang. Oleh karena itu, perlu adanya model dan media yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan sehingga diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media gambar berseri. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan media gambar berseri untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Jepara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan media gambar berseri untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Jepara. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tertulis. Instrumen nontes yang digunakan adalah dokumentasi. Teknis analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 78,55 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 73,67. Berdasarkan tabel output Paired Samples Test diperoleh t hitung sebesar 2,908 dan df (degree of freedom atau derajat keabsaan) 19 dengan taraf signifikansi 2,5% (0,025) adalah 2,093. Karena t hitung (2,908) > t tabel (2,093) maka H1 diterima dan H0 ditolak, yaitu model pembelajaran STAD ) dengan media gambar berseri efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions, Media Gambar Berseri
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:34
Last Modified: 15 Oct 2020 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39996

Actions (login required)

View Item View Item