KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA


Imtinan Nuzulail, 4101415008 (2019) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA) - Published Version
Download (497kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada aspek Kemampuan Representasi Matematis (KRM), menyelidiki perbedaan KRM siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning (DL) berbantuan alat peraga dengan yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learming (PBL), serta mendeskripsikan KRM siswa ditinjau dari Self-Efficacy (SE) pada model DL berbantuan alat peraga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purwokerto tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen & kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian kualitatif diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 6 subjek yang dipilih berdasarkan kategori SE. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil pembelajaran DL berbantuan alat peraga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, (2) KRM siswa pada pembelajaran DL berbantuan alat peraga lebih baik daripada KRM siswa pada pembelajaran PBL, (3) Subjek kelompok SE atas mampu membuat persamaan atau model matematika dari representasi yang diberikan, menuliskan interpretasi dari suatu representasi, menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata, dan cenderung mampu membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas dan memfasilitasi penyelesaiannya. Subjek kelompok SE tengah cenderung mampu membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas dan memfasilitasi penyelesaiannya, membuat persamaan atau model matematika dari representasi yang diberikan, cukup mampu menuliskan langkahlangkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata, dan kurang mampu menuliskan interpretasi dari suatu representasi. Subjek kelompok SE bawah cukup mampu membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas dan memfasilitasi penyelesaiannya, membuat persamaan atau model matematika dari representasi yang diberikan, dan kurang mampu menuliskan interpretasi dari suatu representasi dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis (KRM), Self-Efficacy (SE), Discovery Learning (DL), Alat Peraga
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 05:23
Last Modified: 15 Oct 2020 05:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item View Item