PENGEMBANGAN ALAT UKUR LISTRIK UNTUK ANAK TUNANETRA


Helfrida Wahyuningrum, 4201413068 (2020) PENGEMBANGAN ALAT UKUR LISTRIK UNTUK ANAK TUNANETRA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201413068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak tunanetra dalam proses belajar akan bergantung kepada indera pendengaran, perabaan dan indera lain yang masih berfungsi. Anak tunanetra harus menghadapi beberapa tantangan dalam mempelajari mata pelajaran IPA, karena pembelajaran IPA cenderung membutuhkan banyak penalaran dan pemahaman, sehingga diperlukan suatu media untuk mempermudah bagi siswa tunanetra dalam memahami pelajaran. Sementara itu, sarana dan prasarana ruang kelas jurusan tunanetra masih dirasa kurang. Salah satunya, belum adanya alat ukur tegangan listrik yang bisa digunakan oleh anak tunanetra. Berdasarkan latar bekakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah alat pengukur tegangan listrik yang dapat digunakan oleh anak tunanetra yang valid, akurat, mudah digunakan dan efektif digunakan pada pembelajaran bagi anak tunanetra. Produk yang dikembangkan berupa voltmeter digital yang output pengukurannya berupa audio dan visual. Uji kevalidan alat dilakukan oleh dua validator yaitu seorang dosen dan seorang teknisi laboratorium. Keakuratan produk diuji dengan cara membandingkan hasil pengukuran tegangan listrik dengan menggunakan voltmeter digital untuk tunanetra dengan multimeter standar Sanwa CD800A. Tingkat kemudahan voltmeter digital untuk anak tunanetra ini diuji melalui angket respons siswa dan guru. Uji keefektifan penggunaan voltmeter digital untuk anak tunanetra dalam pembelajaran dilakukan dengan metode penelitian dengan Subyek Tunggal desain A-B yang mengacu pada dua kondisi yaitu baseline dan intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa voltmeter digital untuk anak tunanetra layak dan valid untuk digunakan. Pengukuran tegangan listrik menggunakan voltmeter digital untuk tunanetra menyatakan hasil yang akurat.Voltmeter digital untuk tunanetra mudah dan aman untuk digunakan dalam pembelajaran.Hasil belajar siswa dalam konsep listrik setelah menggunakan alat ini mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa voltmeter digital untuk anak tunanetra ini valid, akurat, mudah digunakan dan efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat ukur listrik, tegangan listrik, tunanetra
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:28
Last Modified: 15 Oct 2020 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39966

Actions (login required)

View Item View Item