ANALISIS PENGGUNAAN FIRAA DALAM BUKU AJAR MARUGOTO BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG TINGKAT PEMULA (A1) DAN TINGKAT DASAR(A2)


Siti Aisyah, 2302416021 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN FIRAA DALAM BUKU AJAR MARUGOTO BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG TINGKAT PEMULA (A1) DAN TINGKAT DASAR(A2). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PENGGUNAAN FIRAA DALAM BUKU AJAR MARUGOTO BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG TINGKAT PEMULA (A1) DAN TINGKAT DASAR(A2)]
Preview
PDF (ANALISIS PENGGUNAAN FIRAA DALAM BUKU AJAR MARUGOTO BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG TINGKAT PEMULA (A1) DAN TINGKAT DASAR(A2)) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Firaa merupakan salah satu karakteristik bahasa Jepang terutama pada wacana lisan yang sering digunakan sebagai alat bantu untuk kelancaran komunikasi yang alami. Firaa yang digunakan oleh penutur asli sangat beragam variasinya. Namun banyak pembelajar bahasa Jepang yang masih belum mengetahui variasi jenis-jenis firaa dan fungsi jenis-jenis firaa. Bahkan beberapa mahasiswa tidak mengerti penggunaan firaa dalam melancarkan komunikasi berbahasa Jepang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi penggunaan firaa baik jenis maupun fungsinya yang terdapat dalam buku ajar Marugoto Bahasa dan Kebudayaan Tingkat Pemula (A1) dan Tingkat Dasar (A2). Penelitian ini menggunakan metode simak catat. Kemudian data dikaji berdasarkan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2015) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data penelitian adalah dialog percakapan yang menggunakan firaa pada audio choukai dan video kaiwa yang merupakan bahan pelengkap pembelajaran buku ajar Marugoto Bahasa dan Kebudayaan Jepang Tingkat Pemula (A1) dan Tingkat Dasar (A2). Buku tersebut dipilih karena dimungkinkan dengan meneliti buku yang berbasis komunikasi dapat ditemukan penggunaan firaa yang lebih bervariasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada total 271 firaa yang mucul dalam 217 percakapan pada video dan audio buku ajar Marugoto Bahasa dan Kebudayaan Jepang Tingkat Pemula (A1) dan Tingkat Dasar (A2). Jenis-jenis firaa yang diperkenalkan dalam buku tersebut adalah jenis firaa bunyi vokal, jenis firaa ‘eeto’, jenis firaa ‘Ko-So-A’, jenis firaa ‘hai’,, jenis firaa ‘N’, jenis firaa ‘Maa’ dan jenis firaa ‘Saa’. Kemudian terdapat enam fungsi jenis-jenis firaa yang diperkenalkan dalam tersebut antara lain: (1) fungsi untuk memulai topik dan ucapan; (2) fungsi untuk mempertahankan hak bicara; (3) fungsi sebagai penghasil waktu; (5) fungsi untuk memperhalus; (5) fungsi untuk menunjukkan keragu-raguan; (6) fungsi untuk pemahaman bersama, tidak terdapat fungsi firaa untuk pergantian pembicara, karena firaa dengan fungsi ini biasanya muncul di akhir kalimat, sedangkan firaa yang diperkenalkan dalam buku ajar Marugoto Bahasa dan Kebudayaan Jepang Tingkat Pemula (A1) dan Tingkat Dasar (A2) tidak ditemukan firaa yang muncul di akhir kalimat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Firaa, Marugoto
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:27
Last Modified: 15 Oct 2020 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39965

Actions (login required)

View Item View Item