TANGGAPAN SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN BUKU NIHONGO KIRAKIRA


Nita Kusumawati, 2302415032 (2020) TANGGAPAN SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN BUKU NIHONGO KIRAKIRA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TANGGAPAN SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN BUKU NIHONGO KIRAKIRA]
Preview
PDF (TANGGAPAN SISWA SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN BUKU NIHONGO KIRAKIRA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku Nihongo Kira-kira disusun berdasarkan dengan tuntutan KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini disusun oleh The Japan Foundation dan diperuntukan bagi pembelajar bahasa Jepang tingkat Sekolah Menengah Atas. Salah satu sekolah yang telah menggunakan buku Nihongo Kira-kira adalah SMA Kesatrian 1 Semarang, yang menjadi tempat penelitian ini. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara terhadap siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang, muncul beragam tanggapan dari siswa terhadap buku Nihongo Kira-kira. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran bahasa Jepang menggunakan buku Nihongo Kira-kira. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 72 siswa SMA Kesatrian 1 Semarang dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kombinasi terbuka dan tertutup. Hasil data yang diperoleh dianalis dengan menggunakan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, sebanyak 42 responden (58%) memberikan tanggapan yang baik dan 30 responden (42%) memberikan tanggapan yang kurang baik, dikarenakan siswa terkadang mengalami kesulitan dalam melafalkan kosakata bahasa Jepang dan siswa juga kesulitan dalam membaca huruf Jepang seperti hiragana dan katana. Tanggapan siswa SMA Kesatrian I Semarang terhadap pembelajaran bahasa Jepang menggunakan buku Nihongo Kira-kira secara keseluruhan dianggap sudah baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, Buku Nihongo Kira-kira, Pembelajaran Bahasa Jepang
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:22
Last Modified: 15 Oct 2020 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39961

Actions (login required)

View Item View Item