PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN TEMBARAK


Sintho Rukmana, 1401416103 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN TEMBARAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tembarak, ditemukan permasalahan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam materi menulis teks argumentasi yaitu media pembelajaran terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga menyebabkan keterampilan menulis teks argumentasi rendah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media flashcard berbasis booklet Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard berbasis booklet dan menguji kelayakan media pembelajaran flashcard berbasis booklet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Tembarak. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch yang berupa lima tahap yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Tembarak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui teknik tes dan nontes yaitu wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data produk dan analisis data awal. Hasil penelitian menunjukan media flashcard berbasis booklet mendapat kriteria sangat layak diperoleh dari hasil validasi ahli materi dengan presentase sebesar 94% dan oleh ahli media mendapat persentase sebesar 93% berkategori sangat layak. Sedangkan dari angket tanggapan guru mendapat persentase sebesar 95% berkategori sangat layak dan tanggapan siswa mendapat 96% berkategori sangat layak. Hasil belajar uji kelompok kecil mengalami peningkatan dengan pemerolehan kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE, pengembangan media flashcard berbasis booklet memenuhi kriteria layak. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk mengembangkan media yang lebih menarik untuk belajar menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: booklet; flashcard; menulis argumentasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 10:12
Last Modified: 15 Oct 2020 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39952

Actions (login required)

View Item View Item