PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOSARI 03 SEMARANG


Laeli Izkiyah, 1401416098 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN Wonosari 03, permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar yaitu media yang tersedia masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan gambar berseri untuk mengatasi keterampilan menulis narasi siswa kelas tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan menguji kelayakan dari media gambar berseri berbasis montase. Penelitian ini memakai teori Borg and Gall yang telah disesuaikan menjadi enam langkah, yaitu observasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi desain, dan uji coba produk skala kecil. Pemerolehan data dari angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, dan analisis data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media gambar berseri mendapat kriteria sangat baik dari tanggapan guru dan siswa melalui model pengembangan dari teori Borg and Gall. Persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 94,1% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar uji skala kecil mengalami peningkatan dengan perolehan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu 1) Pengembangan media gambar berseri menggunakan teori Borg and Gall. 2) Kriteria penilaian kelayakan media dan materi sangat layak. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk mengembangkan media yang lebih banyak untuk belajar menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, montase, gambar berseri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:09
Last Modified: 15 Oct 2020 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39951

Actions (login required)

View Item View Item