PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMALL PRODUCT COCA-COLA SALES CENTER SEMARANG BARAT


Vivin Anita Widyasari , 7350406046 (2011) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMALL PRODUCT COCA-COLA SALES CENTER SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMALL PRODUCT COCA-COLA SALES CENTER  SEMARANG BARAT]
Preview
PDF (PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMALL PRODUCT COCA-COLA SALES CENTER SEMARANG BARAT) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya merek yang beredar di masyarakat membuat persaingan antar merek produk semakin ketat, hanya produk yang mempunyai ekuitas merek yang tinggilah yang dapat menggiring konsumen untuk melakukan pembelian. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian small product coca-cola sales center Semarang Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian small product coca-cola sales center Semarang Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen small product coca-cola sales center Semarang Barat. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, ukuran sampel ditentukan berdasarkan iterasi dan diperoleh 130 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi liner berganda Y= 5,133 + 0,226X1 + 0,129X2 + 0,107X3 + 0,167X4. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 33,902 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji parsial diperoleh thitung kesadaran merek 4,021 dengan signifikansi 0,000, thitung persepsi kualitas 2.556 dengan signifikansi 0,012, thitung asosiasi merek 2.825 dengan signifikansi 0,005 dan thitung loyalitas merek diperoleh 3.891 dengan signifikansi 0,000, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,505 artinya 50,5% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek serta sisanya 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian small product coca-cola sales center Semarang Barat baik secara parsial maupun secara simultan. Saran kepada pihak perusahaan agar mengevaluasi kembali slogan yang digunakan dalam iklan coca-cola, mengevaluasi kembali kualitas produknya terutama kualitas rasa coca-cola, memperbaiki asosiasi merek bahwa coca-cola adalah minuman instan yang kurang praktis dengan cara menyediakan small product coca-cola dalam kemasan botol plastik dan mengevaluasi kembali kualitas coca-cola secara keseluruhan agar konsumen tidak membeli dan mengkonsumsi merek lain selain coca-cola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran merek, Persepsi kualitas, Asosiasi merek, Loyalitas merek, Keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2011 01:02
Last Modified: 25 Apr 2015 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3995

Actions (login required)

View Item View Item