KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS SEMESTER II DENGAN MENGGUNAKAN RANGSANGAN GAMBAR UNTUK RAPPORTER DES ÉVÉNEMENTS PASSÉS


Atik Umi Harni, 2301415008 (2020) KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS SEMESTER II DENGAN MENGGUNAKAN RANGSANGAN GAMBAR UNTUK RAPPORTER DES ÉVÉNEMENTS PASSÉS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS SEMESTER II DENGAN MENGGUNAKAN RANGSANGAN GAMBAR UNTUK RAPPORTER DES ÉVÉNEMENTS PASSÉS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS SEMESTER II DENGAN MENGGUNAKAN RANGSANGAN GAMBAR UNTUK RAPPORTER DES ÉVÉNEMENTS PASSÉS) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dilatih dan dipraktikan secara teratur. Dalam keterampilan berbicara seseorang sangat membutuhkan adanya kosakata dan ide supaya dapat berbicara dengan baik dan benar. Salah satunya untuk berbicara secara runtut dapat dibantu dengan adanya rangsangan dari luar. Rangsangan tersebut yaitu rangsang yang berupa gambar. Menurut teori, rangsang yang berupa gambar sangat baik untuk dipergunakan anak-anak usia sekolah dasar ataupun pembelajar bahasa asing tahap awal, sehingga peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan rangsangan gambar, kemampuan berbicara akan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Perancis semester II Universitas Negeri Semarang dengan menggunakan gambar pada tema rapporter des événements passés dan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan responden pada saat menjawab soal. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa Perancis menggunakan rangsangan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena jumlah responden kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus alpha. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus analisis deskriptif persentase. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata mahasiswa adalah 75,70 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 55. Berdasarkan kriteria yang berlaku di Universitas Negeri Semarang, nilai 75,70 termasuk nilai dengan kategori baik. Dengan demikian mashasiswa memiliki kemampuan berbicara dalam kategori Baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, rangsangan gambar, rapporter des événements passés
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:02
Last Modified: 15 Oct 2020 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39946

Actions (login required)

View Item View Item