PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS XI DENGAN TEMA LA VIE QUOTIDIENNE


Ahmad Najih, 2301414052 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS XI DENGAN TEMA LA VIE QUOTIDIENNE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS XI DENGAN TEMA LA VIE QUOTIDIENNE]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS XI DENGAN TEMA LA VIE QUOTIDIENNE) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan memahami teks atau wacana berisi informasi yang disampaikan penulis kepada pembaca. Nana Sudjana (2010:69) mengatakan bahwa komik dapat digunakan secara efektif dalam usaha membangkitkan minat, mengembangkan pembendaharaan kata, mengembangkan keterampilan membaca dan memperluas minat baca, serta dapat membantu dalam mengingat ingat isi materi bacaan. Webtoon atau komik online adalah sebuah kartun animasi atau serangkaian strip komik yang diterbitkan secara online. Dengan sifatnya yang inovatif, menarik, dan praktis, Webtoon dapat meningkatkan minat baca peserta didik terhadap suatu bacaan dan memudahkan peserta didik menangkap ide cerita dalam bacaan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah menganilisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media komik digital dan mendiskripsikan wujud pengembangan media komik digital berbasis Webtoon bahasa Perancis untuk keterampilan membaca kelas XI dengan tema La Vie Quotidienne. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan atau research and development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Peneliti melaksanakan lima dari sepuluh tahap penelitian yaitu, menemukan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil analisis kebutuhan terhadap guru dan siswa adalah responden tertarik pembelajaran bahasa Perancis keterampilan membaca, responden tertarik menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran bahasa Perancis keterampilan membaca, responden memilih bentuk cerita dialog, responden mengharapkan kombinasi warna cerah pada media komik digital, responden memilih bentuk balon kata bulat, responden memrlukan evaluasi dan bentuk nya soal pilihan ganda. Bentuk dari media ini berupa komik digital berbasis Webtoon bahasa Perancis yang berisi tentang kehidupa sehari-hari untuk materi kelas XI. Media ini dapat digunakan pada Smartphone maupun perangkat komputer dan diakses dimana saja melalui aplikasi Webtoon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik digital, media pembelajaran, membaca, Webtoon
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:55
Last Modified: 15 Oct 2020 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39942

Actions (login required)

View Item View Item