PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X PADA KETERAMPILAN PRODUKTIF


Afrida Rahmaningtyas, 2301414019 (2020) PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X PADA KETERAMPILAN PRODUKTIF. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X PADA KETERAMPILAN PRODUKTIF]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK PENILAIAN-DIRI MATA PELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X PADA KETERAMPILAN PRODUKTIF) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Evaluasi digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mencapai hasil pembelajaran dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh. Evaluasi otentik digunakan pada kurikulum 2013 yang menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output). Penilaian otentik terdiri dari beberapa jenis, salah satunya penilaian-diri. Penilaian-diri adalah teknik penilaian yang memberi kesempatan kepada siswa untuk menilai dirinya sendiri dengan begitu siswa akan mengetahui tingkatan penguasaan materi pembelajaran, sehingga membantu siswa untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan dirinya dalam hal belajar bahasa Perancis. Namun saat ini masih belum ada instrumen penilaian-diri bagi siswa yang dapat menjadi pedoman untuk guru di SMA dalam melakukan penilaian, terutama pada mata pelajaran bahasa Perancis, sehingga perlu dikembangkan instrumen asesmen otentik penilaian-diri untuk siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah hingga revisi desain. Kelima langkah tersebut digunakan untuk membuat produk berupa booklet yang berisi instrumen asesmen otentik penilaian-diri pada mata pelajaran bahasa Perancis SMA kelas X untuk keterampilan produktif. Instrumen tersebut mencakup instrumen penilaian-diri untuk keterampilan berbicara dan instrumen penilaian-diri untuk keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Otentik, Bahasa Perancis, Instrumen, KeterampilanProduktif, Penilaian-Diri.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:52
Last Modified: 15 Oct 2020 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39941

Actions (login required)

View Item View Item