“Pengaruh Motivasi Belajar dan Keberadaan Perguruan Tinggi Unnes Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Unnes Pada Siswa Kelas XII SMA N 5 Semarang


Masfufatun , 7101406506 (2011) “Pengaruh Motivasi Belajar dan Keberadaan Perguruan Tinggi Unnes Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Unnes Pada Siswa Kelas XII SMA N 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengaruh Motivasi Belajar dan Keberadaan Perguruan Tinggi Unnes Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Unnes Pada Siswa Kelas XII SMA N 5 Semarang]
Preview
PDF (“Pengaruh Motivasi Belajar dan Keberadaan Perguruan Tinggi Unnes Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Unnes Pada Siswa Kelas XII SMA N 5 Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam kegiatan belajar yang dapat berasal dari dalam atau luar siswa. Keberadaan perguruan tinggi yang berada disekitar siswa, yang berkaitan dengan lingkungan dan interaksi siswa juga tak kalah penting karna sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikir siswa yang bersangkutan. Begitu pula dengan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan harapan untuk memperoleh kehidupan yang layak dikemudian hari. Populasi dari penelitian ini siswa-siswi kelas XII SMA N 5 Semarang. Variabel yang dikaji adalah motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi Unnes sebagai variable bebas (X) dan melanjutkan ke perguruan tinggi Unnes sebagai variable terikat (Y). metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji simultan (F) dapat diketahui bahwa motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi Unnes. Hasil ini dapat dijelaskan bahwa hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung = 8,196 dengan nilai signifikansi 0,001. Karena nilai signifikansi jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan ke perguruan perguruan tinggi Unnes diterima. Uji parsial (t) berdasarkan pengujian diperoleh koefisien untuk variabel X1 sebesar 0,616 dengan thitung = 3,270 dan Pvalue = 0,002 < 0,05, sehingga Ha diterima. Hasil pengujian untuk variabel X2 diperoleh koefisien sebesar 0,273 dengan thitung = 2,077 dan Pvalue = 0,041 > 0,05, sehingga Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan ke perguruan perguruan tinggi. Secara parsial ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dan ada pengaruh antara keberadaan perguruan tinggi Unnes terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada beberapa saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini, antara lain: siswa hendaknya memiliki keinginan untuk berprestasi dan terus belajar agar bisa masuk pada perguruan tinggi yang diminati, guru dapat memberikan motivasi dan dorongan terhadap siswa yang berminat masuk perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Keberadaan Perguruan Tinggi UNNES, Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi UNNES
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2011 09:25
Last Modified: 25 Apr 2015 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3993

Actions (login required)

View Item View Item