KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA


Shinta Pujha Chaterine, 4101415002 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA) - Published Version
Download (860kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting bagi siswa untuk mengomunikasikan ide matematisnya baik secara lisan maupun tertulis. Namun kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah PjBL berbasis Etnomatematika efektif terhadap pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif pada PjBL berbasis Etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan sequential explanatory design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berbasis Etnomatematika efektif terhadap pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif pada PjBL berbasis Etnomatematika dengan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif memenuhi kelima indikator kemampuan komunikasi matematis. Sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif kurang mampu memenuhi indikator kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang dikaitkan dengan rumus/konsep matematika secara runtut dan menggunakan simbol/notasi matematika secara tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif Reflektif, Gaya Kognitif Impulsif, Project Based Learing, Etnomatematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:32
Last Modified: 15 Oct 2020 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39907

Actions (login required)

View Item View Item