KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ALAT PERAGA


Yuli Istikomah, 4101415001 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ALAT PERAGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ALAT PERAGA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ALAT PERAGA) - Published Version
Download (717kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis dan karakter kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran belum optimal perlu dikembangkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) menguji penerapan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) menguji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model ekspositori, (3) mengetahui terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (4) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kombinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas H sebagai kelas eksperimen dengan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga dan kelas G sebagai kelas kontrol dengan model ekspositori. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan uji regresi. Kemudian dilakukan wawancara pada subjek penelitian yang terdiri dari 6 siswa, 2 siswa dari kemandirian belajar tingkat atas, 2 siswa dari kemandirian belajar tingkat tengah, dan 2 siswa dari kemandirian belajar tingkat bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model ekspositori, (3) terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar siswa yang menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (4) siswa dengan kemandirian belajar tingkat atas lebih memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis daripada siswa dengan kemandirian belajar tingkat tengah dan bawah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemandirian Belajar, Creative Problem Solving, Alat Peraga
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:29
Last Modified: 15 Oct 2020 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39905

Actions (login required)

View Item View Item