KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING


Miftahul Ni‘mah, 4101414133 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan hal yang kurang diperhatikan dalam pembelajaran matematika. Siswa cenderung mengutamakan logika dan kemampuan berhitung sehingga belum mampu menyelesaikan masalah dengan indikator kemempuan berpikir kreatif matematis. Selain itu kepercayaan diri siswa masih kurang dalam mata pelajaran matematika. Kepercayaan diri perlu dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mencapai ketuntasan individual dan klasikal, (2) menguji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (3) menguji interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, (4) menguji kepercayaan diri siswa pada pembelajaran CPS lebih baik daripada kepercayaan diri siswa pada pembelajaran PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Desing berbentuk Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Semarang. Dengan teknik random sampling terpilih siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh berupa data gaya belajar, hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran CPS mencapai ketuntasan individual dan klasikal, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran CPS lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran PBL, (3) tidak terdapat interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (4) kepercayaan diri siswa pada pembelajaran CPS lebih baik daripada kepercayaan diri siswa pada pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Gaya Belajar V-A-K, Kepercayaan Diri, Creative Problem Solving (CPS).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:23
Last Modified: 15 Oct 2020 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39903

Actions (login required)

View Item View Item