KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS


Nia Fitriyanti, 4101414127 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS) - Published Version
Download (897kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran yang sangat penting dan harus dimiliki siswa. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 11 Semarang belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran ARIAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar pembelajaran ARIAS, mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan IQ tinggi, sedang dan rendah, dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran ARIAS ditinjau dari hasil asesmen formatif. Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran (mixed methods) dengan sequential explanatory. Populasi adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji rata-rata dan uji proporsi. Hasil penelitian adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran ARIAS dapat mencapai ketuntasan, deskripsi kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari IQ pada pembelajaran ARIAS, yaitu (a) siswa dengan IQ tinggi sudah mampu mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis dengan sangat baik. Siswa mampu membuat langkah-langkah penyelesaian dengan runtut dan membuat kesimpulan dengan bahasanya sendiri. (b) siswa dengan IQ sedang sudah mampu mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis dengan baik walaupun masih terdapat kesalahan dalam menghitung dan membuat kesimpulan, (c) siswa dengan IQ rendah belum mampu mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Siswa kesulitan dalam menyatakan masalah ke dalam simbol matematika, siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian soal yang telah dibuat, dan siswa juga masih kesulitan dalam membuat kesimpulan, dan deskripsi perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran ARIAS ditinjau dari hasil asesmen formatif yaitu masing-masing siswa golongan IQ dan kemampuan komunikasi matematis mengalami perkembangan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, ARIAS, Intelligence Quotient
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:21
Last Modified: 15 Oct 2020 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39902

Actions (login required)

View Item View Item