ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING


Heni Fitriani, 4101414103 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPENENDED PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING) - Published Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting bagi siswa. Oleh karena itu, kemampuan penalaran perlu dikembangkan dengan memberikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi. Diperlukan pula model pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam mengeksplorasi sendiri permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabus dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan soal open-ended mencapai KKM; (2) untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabus dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan soal open-ended mencapai ketuntasan klasikal; dan (3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabus pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan soal open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabus tahun pelajaran 2017/2018. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Subjek wawancara penelitian ini adalah 6 siswa yang memenuhi kriteria pengelompokan kemampuan penalaran menurut Suherman & Sukjaya, yang terdiri atas 2 siswa pada masing-masing kemampuan penalaran matematis tingkat tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabus dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan soal open-ended mencapai KKM; (2) hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gabus dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan soal open-ended mencapai ketuntasan klasikal; (3) kemampuan penalaran matematis siswa tingkat tinggi, sedang, dan rendah diperoleh hasil bahwa kelompok siswa pada kemampuan penalaran tingkat tinggi sudah mampu berada pada kategori berpikir kreatif, kelompok siswa pada kemampuan penalaran tingkat sedang mampu berada pada kategori berpikir kritis, dan kelompok siswa pada kemampuan penalaran tingkat rendah sudah mulai menjajaki kategori berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis, kategori berpikir, problem based learning, open-ended
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:15
Last Modified: 15 Oct 2020 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39900

Actions (login required)

View Item View Item