PERKEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BERDASARKAN ACUAN NCTM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING


Eka Nurul Utami, 4101414058 (2019) PERKEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BERDASARKAN ACUAN NCTM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERKEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BERDASARKAN ACUAN NCTM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING]
Preview
PDF (PERKEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BERDASARKAN ACUAN NCTM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING) - Published Version
Download (770kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep geometri siswa belum optimal, padahal pemahaman konsep geometri sangat penting dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran berdasarkan standar NCTM efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi matematika. Discovery Learning merupakan salah satu model yang memungkinkan para siswa terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga mampu menggunakan proses mentalnya untuk menemukan suatu konsep, sehingga pembelajaran dengan model Discovery Learning cocok diterapkan untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep peserta didik khususnya materi geometri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari kelompok eksperimen yaitu VII I SMP Negeri 1 Rembang, dipilih 2 subjek yang mendapatkan rangking 2 teratas, 2 subjek dengan rangking tengah, dan 2 dengan rangking terbawah. Hasil rangking tersebut diperoleh setelah dilakukan tes pemahaman konsep geometri pada kelas tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, pengamatan, tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kedua subjek golongan atas subjek U-12 dan U-17, keduanya telah mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep geometri 1 sampai dengan 7 dengan sangat baik, (2) kedua subjek penelitian golongan tengah yaitu subjek U-19 dan U-24 telah mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep geometri dengan baik, (3) kedua subjek penelitian golongan bawah yaitu U-30 dan U-10 pada akhirnya mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep geometri dari 1 sampai dengan indikator 7 meskipun tidak sebaik dan agak lamban dibandingkan golongan atas dan bawah, masih mengalami beberapa kesulitan khusunya indikator pemahaman konsep ke4, 5 dan 7 serta memerlukan bimbingan pada beberapa indikator tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Pemahaman Konsep Geometri, Acuan NCTM, Discovery Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:12
Last Modified: 15 Oct 2020 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39899

Actions (login required)

View Item View Item