KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SDN GUGUS KI AGENG SELO GROBOGAN


Fitria Nur Rachma, 1401416257 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SDN GUGUS KI AGENG SELO GROBOGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416257.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada data pra penelitian di SDN Gugus Ki Ageng Selo Grobogan, yang terdiri dari 11 sekolah dengan total 265 siswa dan terdapat 114 siswanya dengan nilai mupel IPS di bawah KKM. Faktor penyebabnya yaitu guru kurang menggunakan variasi model dan media pembelajaran. Hal ini berakibat juga pada minimnya antusiasme siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran mupel IPS menggunakan model Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint kelas IV SDN Gugus Ki Ageng Selo dan menguji keefektifan model Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar mupel IPS materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan alam kelas IV SDN Gugus Ki Ageng Selo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 265 siswa kelas IV SDN Gugus Ki Ageng Selo, dan yang menjadi sampel adalah 19 siswa kelas IV SDN Wandankemiri sebagai kelas uji coba, 23 siswa kelas IV SDN 1 Jenengan sebagai kelas eksperimen, dan 25 siswa kelas IV SDN 2 Jenengan sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran model Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint berkriteria sangat tinggi yaitu 87,6%. Model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint juga efektif terhadap hasil belajar mupel IPS materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan alam. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan nilai thitung ˃ ttabel (3,208 ˃ 1,680), maka Ho ditolak dan hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,645 daripada kelas kontrol yaitu 0,404 dengan kriteria rendah. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan aktifitas siswa dan efektif terhadap hasil belajar siswa mupel IPS materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan alam kelas IV SDN Gugus Ki Ageng Selo Grobogan. Saran penelitian ini adalah hendaknya guru memperhatikan pemilihan penerapan model pembelajaran sehingga siswa aktif dan hasil belajar optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; IPS; Snowball Throwing; Powerpoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:27
Last Modified: 14 Oct 2020 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39811

Actions (login required)

View Item View Item