Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Melalui Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Kelas X Semester II Pokok Bahasan Kalor
Arifin , 4201407022 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Melalui Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Kelas X Semester II Pokok Bahasan Kalor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Melalui Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Kelas X Semester II Pokok Bahasan Kalor)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pada masa sekarang masih banyak guru yang menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran. Konsep pendidikan telah terreduksi menjadi pengajaran, dan pengajaran menyempit menjadi kegiatan di kelas, sementara yang berlangsung di kelas tak lebih dari kegiatan guru mengajar murid dengan target kurikulum dan mengejar nilai Ujian Nasional. Kondisi tersebut mengakibatkan aktivitas belajar siswa rendah dan kemampuan berpikir siswa tidak berkembang. Model pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange memberi kesempatan kepada siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui diskusi dengan sesama. Melalui media ini diharapkan siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran dan kemampuan berpikir analisis berkembang selama proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas belajar siswa dan kemampuan analisis dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Karangreja. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh siswa kelas XB sebagai kelas eksperimen dan XC sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran aktif melalui strategi rotating trio exchange dapat meningkatkan kemampuan analisis dan aktivitas belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Peningkatan hasil tes tertulis kemampuan analisis siswa sebelum (pre-test) dengan sesudah treatment (posttest) dilihat melalui uji gain (g). Pada kelas eksperimen nilai g yang diperoleh sebesar 0,375 memiliki kategori peningkatan bersifat sedang. Hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh t
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Aktif, rotating trio exchange, kemampuan analisis dan aktivitas belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 02:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3980 |
Actions (login required)
View Item |