EVALUASI PROGRAM PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) DI SMK NEGERI 2 TEGAL BERDASARKAN MODEL STAKE’S COUNTENANCE


EKO RUDY WINDRAJAYA, 0104516003 (2019) EVALUASI PROGRAM PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) DI SMK NEGERI 2 TEGAL BERDASARKAN MODEL STAKE’S COUNTENANCE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) DI SMK NEGERI 2 TEGAL BERDASARKAN MODEL STAKE’S COUNTENANCE]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) DI SMK NEGERI 2 TEGAL BERDASARKAN MODEL STAKE’S COUNTENANCE) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Eko Rudy Windrajaya, 2019. Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri 2 Tegal Model Stake’s Countenance. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. rer.nat. Wahyu Hardyanto, M.Si. Pembimbing II : Dr. HariWibawanto, M.T Kata Kunci : evaluasi, model stake’s, praktek kerja lapangan. Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan praktek kerja lapangan di SMK Negeri 2 Tegal tidak pernah dilakukan evaluasi terkait keberhasilannya. Model evaluasi menggunakan model Stake’s Countenance. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dengan menggunakan model Stake’s Countenance. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tahapan masukan (antecedents) meliputi: a) pemilihan kompetensi kejuruan dilaksanakan sebelum PKL. b) terdapat 40 Du/Di. c) Kegiatan dilaksanakan selama 6 bulan. d) materi disusun sekolah tidak melibatkan Du/Di. d) pembekalan dilakukan 2 tahap, e) penetapan pembimbing diserahkan kepada Du/Di dan guru produktif. (2) tahapan proses (transactions), a) jurnal disusun siswa dan dinilai pembimbing. b) Monitoring, dilakukan 2 tahap. c) penyusunan laporan dibimbing guru pembimbing dan pembimbing Du/Di. (3) tahapan hasil (output). a) penilaian memuat aspek kognitif, sikap, dan keterampilan tetapi tidak ada ujian untuk siswa. b) tidak semua Du/Di memberikan sertifikat hanya ada 3 Du/Di. c) hasil penilaian dari 97 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 52 siswa mendapatkan predikat A (90-100), dan 40 siswa mendapatkan predikat B (80-89), serta 5 siswa mendapatkan predikat C (70-79). Berdasarkan hasil penelitian pada Praktek Kerja Lapangan siswa kelas XI AP SMK Negeri 2 Tegal dikatakan berhasil. Implikasi pada perbaikan kegiatan PKL di SMK N 2 Tegal yaitu penyusunan materi harus disusun sekolah dengan Du/Di, melakukan ujian bagi siswa, kompetensi keahlian pembimbing harus sesuai, dan Du/Di harus memberikan tugas sesuai kompetensi keahlian siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : evaluasi, model stake’s, praktek kerja lapangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:30
Last Modified: 21 Oct 2020 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39795

Actions (login required)

View Item View Item