Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama melalui Teknik Transformasi Cerpen Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Blora


Hikmah Zulfiana , 2101407084 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama melalui Teknik Transformasi Cerpen Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama melalui Teknik Transformasi Cerpen Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Blora]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama melalui Teknik Transformasi Cerpen Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Blora) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajaran menulis teks drama ternyata masih dijumpai banyak kesulitan. Secara umum pembelajaran menulis sastra, khususnya menulis teks drama belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal tersebut terlihat melalui pengamatan penulis terhadap hasil karya siswa pada tugas menulis teks drama dan juga wawancara dengan guru mata pelajaran. Bagi siswa, menulis teks drama adalah kegiatan yang sulit untuk dilakukan sebab waktu yang tersedia hanya sedikit, relatif singkat dan pendek. Keadaan tersebut membuat siswa kurang leluasa ketika berupaya mencari ide untuk tulisannya. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa dan mengamati bagaimana perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan teknik transformasi cerpen. Permasalahan penelitian ini yaitu 1) bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks drama teknik transformasi cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Blora 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 2 Blora setelah mengikuti pembelajaran menulis teks drama dengan teknik transformasi cerpen. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Blora dengan teknik transformasi cerpen 2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 2 Blora setelah mengukiti pembelajaran menulis teks drama dengan teknik transformasi cerpen. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini ada 2, yaitu 1) secara praktis, penelitian ini memberikan manfaat bagi guru sebagai upaya memperbaharui model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama melalui teknik transformasi cerpen agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan sebagai upaya dalam membimbing siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama melalui teknik transformasi cerpen agar nilai ketuntasan belajar siswa dapat tercapai. Bagi siswa, dapat memudahkan siswa dalam memahami materi penulisan teks drama melalui teknik transformasi cerpen sekaligus membantu siswa dalam menemukan ide kreatif dan mengembangkan ide tersebut melalui teknik transformasi cerpen. 2) secara teoritis penelitian melalui teknik transformasi cerpen diharapkan mampu menyumbangkan pengetahuan baru dan mengembangkan atau melengkapi teori-teori keilmuan yang sudah ada di dalam pembelajaran menulis teks drama pada khususnya, serta dalam kegiatan menulis karya sastra pada umumnya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa tes dan nontes. Instrumen tes menghasilkan data kuantitatif berupa nilai tes menulis teks drama siswa, sedangkan instrumen nontes menghasilkan data kualitatif berupa perilaku siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis melalui analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes antara siklus I dan siklus II, sedangkan data kualitatif dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengamati perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis teks drama siswa dapat dilakukan dengan menggunakan teknik transformasi cerpen. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil prasiklus, siklus I dan siklus II bahwa hasil data dari tes prasiklus, siklus I dan siklus II terus meningkat. Hasil tes prasiklus menunjukan skor rata-rata sebesar 60,5 termasuk dalm kategori kurang dan pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 68,5 dalam kategori cukup. Jadi, dari prasiklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 8,01 atau 14,35% . Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,5 termasuk dalam kategori baik dan melebihi nilai rata-rata klasikal yang ditetapkan yaitu 7,5. Jadi, dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,1 atau 12,54% dan dari prasiklus ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 16,12 atau 28,85%. Berdasarkan data non tes dapat diketahui adanya perubahan perilaku belajar siswa kearah positif. Pada siklus I siswa masih belum terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, siswa kurang perhatian dalam menulis teks drama. Suasana kelas pun kurang mendukung karena siswa cukup ramai sehingga mengganggu konsentrasi siswa lainnya. Keadaan ini berbeda dengan siklus II, siswa lebih antusias dibanding dengan siklus I. Rasa ketertarikan mereka terhadap materi menulis teks drama pun semakin besar, hal ini dapat dilihat dari semangat mereka dalam mengikuti pembelajaran. Aktivitas diluar pembelajaran juga berkurang, hal ini membuat suasana kelas semakin kondusif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar dalam pengajaran menulis teks drama melalui teknik transformasi cerpen sebagai variasi pemilihan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks drama, transformasi, teknik transformasi cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2011 02:00
Last Modified: 25 Apr 2015 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item View Item