PENGARUH CITRA DESTINASI, PENGALAMAN BERKUNJUNG DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Kartini Kabupaten Jepara)


Muhamad Hilmy Baihaqi, 7311415177 (2019) PENGARUH CITRA DESTINASI, PENGALAMAN BERKUNJUNG DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Kartini Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CITRA DESTINASI, PENGALAMAN BERKUNJUNG DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Kartini Kabupaten Jepara)]
Preview
PDF (PENGARUH CITRA DESTINASI, PENGALAMAN BERKUNJUNG DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Kartini Kabupaten Jepara)) - Published Version
Download (794kB) | Preview

Abstract

Pariwisata telah menjadi industri terbesar dan memperlihatkan pertumbuhan yang konsisten dari tahun ke tahun. Pariwisata modern saat ini juga dipercepat dengan adanya proses globalisasi sehingga menyebabkan interkoneksi antar bidang, antar bangsa, dan antar individu. Hal ini menjadikan individu akan lebih selektif dalam memilih destinasi dengan berbagai pertimbangan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra destinasi, pengalaman berkunjung, dan penanganan keluhan, dan kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pada pengunjung objek wisata Pantai Kartini. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Pantai Kartini dengan minimal dua kali kunjungan pada tahun 2019. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 orang dengan menggunakan metode accidental sampling dengan pendekatan non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra destinasi, pengalaman berkunjung, penanganan keluhan, dan kepuasan pengunjung berpengaruh positif terhadap loyalitas. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung dapat memediasi citra destinasi, pengalaman berkunjung, dan penanganan keluhan berpengaruh terhadap loyalitas. Simpulan dari penelitian ini adalah citra destinasi, pengalaman berkunjung, dan penanganan keluhan mampu meningkatkan loyalitas. Kepuasan pengunjung juga mampu memediasi pengaruh variabel citra destinasi, pengalaman berkunjung, dan penanganan keluhan terhadap loyalitas. Saran yang diberikan hendaknya pengelola objek wisata Pantai Kartini dapat menyediakan tambahan fasilitas seperti pos informasi wisatawan (tourist information corner), mushalla dan toilet untuk kenyamanan wisatawan serta menertibkan parkir. Bagi peneliti selanjutnya, perlunya dilakukan penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel yang sama khususnya variabel pengalaman berkunjung dengan menggunakan indikator yang berbeda, serta menambah sampel wisatawan luar kota atau mancanegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Pengalaman Berkunjung, Penanganan Keluhan, Kepuasan Pengunjung, Loyalitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2020 08:00
Last Modified: 13 Oct 2020 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39767

Actions (login required)

View Item View Item