Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi melalui Model Explicit Instruction dengan Media Animasi pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Ajaran 2010/2011


Nurul Maulia D. T. , 2101407016 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi melalui Model Explicit Instruction dengan Media Animasi pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi melalui Model Explicit Instruction dengan Media Animasi pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi melalui Model Explicit Instruction dengan Media Animasi pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu mendapat perhatian dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis surat resmi/dinas. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru bahasa Indonesia dan beberapa siswa kelas VIII C di SMP N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal diketahui bahwa keterampilan siswa dalam menulis surat resmi belum optimal. Masih ada indikator yang belum tercapai, yakni menulis surat dinas/resmi dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku. Hal ini disebabkan oleh faktor guru sebagai fasilitator dan faktor siswa sebagai peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis surat resmi dan perubahan tingkah laku siswa kelas VIII C SMP 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis dengan model explicit instruction dan media animasi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kedua rumusan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Dukuhwaru, Tegal yang berjumlah 39. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu variabel keterampilan menulis surat resmi, penggunaan model explicit instruction, dan penggunaan media animasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil kemampuan siswa dalam menulis surat resmi, sedangkan teknik nontes berupa hasil observasi, hasil catatan harian siswa dan guru, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Sementara teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis surat resmi dan mencapai target nilai rata-rata minimal yang ditentukan, yaitu sebesar 70. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 5,41 dari siklus I ke siklus II dan 11,9 dari prasiklus ke siklus II. Penerapan model explicit instruction dengan media animasi dalam pembelajaran menulis surat resmi diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi lebih tertarik, lebih aktif, dan lebih semangat mengikuti pembelajaran menulis surat resmi melalui model explicit instruction dengan media animasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah adanya peningkatan hasil tes keterampilan menulis surat resmi dan perubahan tingkah laku siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Dukuhwaru, Tegal setelah mengikuti proses pembelajaran melalui model explicit instruction dengan media animasi. Berdasarkan hal tersebut, saran yang dapat diberikan peneliti kepada guru agar menggunakan model explicit instruction dan media animasi pada pembelajaran menulis surat resmi/dinas. Bagi peneliti khususnya yang menekuni bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia dapat melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut mengenai keterampilan menulis surat resmi/dinas agar dapat mengembangkan khasanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, surat resmi, model explicit instruction, dan media animasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2011 01:50
Last Modified: 25 Apr 2015 05:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item