PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN, JUMLAH TANGGUNGAN DAN LOKASI GEOGRAFIS TERHADAP LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN KEBUMEN
Nisy-yah Ulfah Dwi Yuniarti, 7101415093 (2019) PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN, JUMLAH TANGGUNGAN DAN LOKASI GEOGRAFIS TERHADAP LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN, JUMLAH TANGGUNGAN DAN LOKASI GEOGRAFIS TERHADAP LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN KEBUMEN)
- Published Version
Download (857kB) | Preview |
Abstract
Literasi keuangan merupakan salah satu hal penting bagi setiap individu, salah satunya bagi ibu rumah tangga. Literasi keuangan bagi ibu rumah tangga bertujuan agar ibu rumah tangga dapat terhindar dari suatu masalah keuangan terutama berkaitan dengan pengalokasian dana. Berdasarkan penelitian awal, ibu rumah tangga di Kabupaten Kebumen memiliki literasi keuangan yang berbeda, 60% diantaranya memiliki literasi yang rendah. Perbedaan literasi keuangan ini tentunya memiliki faktor yang mendasarinya. Faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan terdiri dari usia, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan dan lokasi geografis. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penentu tingkat literasi keuangan pada ibu rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi ibu rumah tangga di Kabupaten Kebumen. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan propotional random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 400 ibu rumah tangga. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan sebelumnya dengan jumlah soal sebanyak 25 item. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi simultan (R2) dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan ibu rumah tangga di Kabupaten Kebumen berada dalam kategori rendah. Rata-rata ibu rumah tangga dapat menjawab 12 item soal. Ibu rumah tangga dengan latar belakang pendidikan dan pendapatan keluarga yang tinggi, serta bertempat tinggal di daerah tengah cenderung memiliki literasi keuangan yang lebih tinggi. Berdasarkan penelitian diatas, disimpulkan bahwa faktor pendidikan, pendapatan dan lokasi geografis berpengaruh terhadap literasi keuangan, sedangkan usia dan jumlah tanggungan tidak berpengaruh signifikan. Saran dalam meningkatkan literasi keuangan ibu rumah tangga adalah dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan dengan menggandeng kader-kader PKK, selain itu memasukan literasi keuangan ke dalam kurikulum pendidikan sedini mungkin dan perluasan akses jasa keuangan di daerah yang belum terjangkau.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor, Literasi Keuangan, Ibu Rumah Tangga |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 07:30 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 07:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39748 |
Actions (login required)
View Item |