EVALUASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM ASI EKSKLUSIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang)


Kurotul A’yuni, 6411414155 (2019) EVALUASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM ASI EKSKLUSIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM ASI EKSKLUSIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang)]
Preview
PDF (EVALUASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM ASI EKSKLUSIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang)) - Published Version
Download (645kB) | Preview

Abstract

Cakupan ASI Eksklusif di Tlogosari Kulon tidak mencapai target renstra yaitu 65% selama tiga tahun berturut-turut. Angka cakupan ASI Eksklusif di Puskesmas Tlogosari Kulon berfluktuasi. Pada tahun 2016 angka cakupannya turun dari tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fungsi manajemen dalam pelaksanaan program ASI Eksklusif di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Informan utama berjumlah 2 orang yaitu koordinator program ASI Eksklusif dan penanggung jawab UKM di Puskesmas Tlogosari Kulon. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview) serta dibantu dengan dokumentasi sebagai pelengkap agar hasil lebih kredibel dengan analisis data deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar pedoman wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari segi input, SDM mencukupi, tetapi dana, sarana prasarana, serta SOP belum mencukupi, Dari segi proses, fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan belum berjalan dengan baik. Belum ada perencanaan dan pembentukan tim kerja khusus untuk program ASI eksklusif. Tidak ada pengawasan secara langsung untuk pelaksanaan program. Untuk output, angka cakupan ASI Eksklusif serta SOP belum mencapai target. Saran dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas dari segi input maupun fungsi manajemen sehingga angka cakupan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Fungsi Manajemen, ASI Eksklusif
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:25
Last Modified: 13 Oct 2020 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39743

Actions (login required)

View Item View Item