INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MATEMATIKA SMP BERBASIS PENDEKATAN ATONG


YULI PURWATI, 0103514013 (2019) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MATEMATIKA SMP BERBASIS PENDEKATAN ATONG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MATEMATIKA SMP BERBASIS PENDEKATAN ATONG]
Preview
PDF (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM MATEMATIKA SMP BERBASIS PENDEKATAN ATONG) - Submitted Version
Download (18MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Purwati, Yuli. 2019. “Integrasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Matematika SMP Berbasis Pendekatan ATONG”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. YL Sukestiyarno, M.S., Ph.D., Pembimbing II Prof. Dr. Sarwi, M.Si. Kata Kunci : Karakter, Kurikulum, Matematika, Pendekatan ATONG Pengintegrasian pendidikan karakter diharapkan mampu mengembangkan karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat. Namun kondisi dilapangan menunjukkan bahwa siswa belum mendapatkan layanan pendidikan karakter dengan tepat dan maksimal; pelaksanaan integrasi pendidikan karakter masih mengalami kendala; terdapat kesenjangan dari penelitian sebelumnya mengenai pelaksanaan integrasi pendidikan karakter pada kurikulum matematika berbasis pendekatan ATONG. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan desain silabus dan perangkat pembelajaran matematika SMP berbasis pendekatan ATONG terintegrasi pendidikan karakter. (2) Menghasilkan silabus dan perangkat pembelajaran matematika SMP berbasis pendekatan ATONG terintegrasi pendidikan karakter yang valid. (3) Menguji keefektifan perangkat pembelajaran materi sistem koordinat dengan model Eliciting Activities berbasis ATONG terintegrasi karakter kerja keras. Pengembangan silabus dan perangkat pembelajaran merujuk pada model Borg & Gall (1999) yang disederhanakan menjadi 5 langkah. Desain silabus dan perangkat pembelajaran divalidasi oleh lima orang ahli. Perangkat pembelajaran yang valid diujicobakan pada siswa kelas VIIIA SMP Kartika XII Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Desain silabus dan perangkat pembelajaran dikembangkan pada kurikulum matematika jenjang SMP dengan berbasis pendekatan ATONG yang terintegrasi pendidikan karakter. (2) Silabus dan perangkat pembelajaran valid dengan skor rata-rata penilaian validator ahli sebesar 3.60. (3) Perangkat pembelajaran efektif dengan kriteria ketuntasan klasikal > 80%; rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; ada pengaruh positif karakter kerja keras dan keterampilan pemecahan masalah secara bersama–sama terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; terjadi peningkatan karakter kerja keras, keterampilan, dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap pertemuan. Simpulan penelitian ini adalah silabus dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan efektif. Penelitian ini berhasil memetakan karakter secara terfokus dan berjenjang pada pembelajaran matematika yang inovatif. Pemetaan kemampuan kognitif dan psikomotorik secara spesifik sangat diperlukan mengingat pemetaan yang tertuang pada silabus masih bersifat umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Karakter, Kurikulum, Matematika, Pendekatan ATONG
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:34
Last Modified: 21 Oct 2020 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39742

Actions (login required)

View Item View Item