Peningkatan Keterampilan Menyusun Paragraf Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Permainan Bahasa Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang


Nuryuni Wijayanti , 2101407156 (2011) Peningkatan Keterampilan Menyusun Paragraf Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Permainan Bahasa Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menyusun Paragraf Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Permainan Bahasa Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menyusun Paragraf Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Permainan Bahasa Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Wijayanti, Nuryuni. 2011. Peningkatan Keterampilan Menyusun Paragraf Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Permainan Bahasa Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Suparyanto, Pembimbing II: Drs. Wagiran, M.Hum. Kata kunci : keterampilan menyusun paragraf, model pembelajaran Two Stay Two Stray, dan media permainan bahasa Scramble. SDN Sekaran 01 Gunungpati Semarang merupakan salah satu SD yang mempunyai permasalahan dalam pembelajaran menulis, khususnya menyusun paragraf. Adapun kekurangan tersebut dikarenakan oleh (1) siswa merasa pembelajaran menulis adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan sehingga diperlukan strategi mengajar yang tepat, (2) kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menyusun paragraf menyebabkan paragraf yang disusun siswa tidak sistematis dan ejaannya tidak tepat, (3) kurangnya pemahaman siswa terhadap penggunaan ejaan, menyebabkan paragraf yang disusun menjadi tidak sesuai dengan EYD. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan permasalahan tersebut adalah melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media permainan bahasa Scramble. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menyusun paragraf dan perubahan perilaku siswa kelas III SDN Sekaran 01 Gunungpati Semarang setelah diterapkan pembelajaran melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media permainan bahasa Scramble. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan menyusun paragraf siswa dan mengetahui perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran menyusun paragraf melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media permainan bahasa Scramble diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi 2 siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap, yaitu (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa tes unjuk kerja menyusun paragraf yang baik dan benar. Untuk data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, catatan harian guru, catan harian siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media permainan bahasa Scramble dapat meningkatkan keterampilan menyusun paragraf siswa. Pada prasiklus, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 60,18, sedangkan pada siklus I, hasil yang dicapai sebesar 72, 87. Terjadi peningkatan sebesar 12,69 atau sebesar 21,08%. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 78,27. Terjadi peningkatan sebesar 5,4 atau sebesar 7,41% dari siklus I dan sebesar 18,09 atau sebesar 30,06% dari prasiklus. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun berubah ke arah yang lebih positif setelah diberi tindakan. Perilaku-perilaku yang kurang baik pada siklus sebelumnya juga sudah berkurang. Dari hasil penelitian dan pembahasan, saran yang dapat direkomendasikan antara lain (1) guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia khususnya kelas 3 SD hendaknya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray menggunakan media permainan bahasa Scramble saat mengajar agar siswa tidak bosan dan memudahkan siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru, (2) peneliti lainnya diharapkan dapat meneliti pada aspek yang lain dengan model dan media yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyusun paragraf, model pembelajaran Two Stay Two Stray, dan media permainan bahasa Scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2011 01:27
Last Modified: 25 Apr 2015 05:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3974

Actions (login required)

View Item View Item