EVALUASI MUTU PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BRANGSONG II KABUPATEN KENDAL


Tsalisatul Maulidah, 6411415013 (2019) EVALUASI MUTU PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BRANGSONG II KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI MUTU PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BRANGSONG II KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (EVALUASI MUTU PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BRANGSONG II KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (763kB) | Preview

Abstract

Tempat pendaftaran pasien rawat jalan merupakan unit pelayanan terdepan bagi setiap puskesmas. Pelayanan pendaftaran pasien harus mampu mencakup informasi penting mengenai data sosial pasien. Tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Brangsong II terdapat beberapa permasalahan yaitu, terjadi penumpukan pasien, proses pendaftaran yang terhambat dan pasien menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan. Pasien yang datang harus menunggu kurang lebih 40 menit untuk proses pendaftaran hingga pemberian pelayanan kesehatan. Tujuan peneliti ini yaitu mengevaluasi mutu pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Informan utamanya adalah Kepala Puskesmas Brangsong II dan 3 orang petugas di bagian pelayanan rawat jalan. Informan triangulasi yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal bagian seksi Perencanaan dan Sumber Daya Kesehatan dan 6 orang pasien di Puskesmas Brangsong II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Brangsong II belum berjalan dengan baik. Dilihat dari sumber daya manusia yang petugasnya dalam penyampaian informasi masih kurang jelas. Pasien yang berobat tidak membawa kartu sehingga petugas harus mencari terlebih dahulu data melalui komputer sehingga memperlama waktu tunggu, kotak saran tidak dilihat hasilnya oleh petugas Puskesmas sehingga mereka kurang mengetahui keluhan dari pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Mutu pelayanan, Pendaftaran Pasien Rawat Jalan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:19
Last Modified: 13 Oct 2020 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39738

Actions (login required)

View Item View Item