ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN EDMODO


Winda Ardiyanti Cahyaningrum, 4101413001 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN EDMODO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN EDMODO]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN EDMODO) - Published Version
Download (774kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan Edmodo mencapai batas lulus aktual atau tidak, mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo mencapai ketuntasan klasikal atau tidak, mengetahui rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo dibandingkan rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran PBL, mengetahui proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo dibandingkan proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran PBL, dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Rembang. Pada pengambilan sampel diperoleh kelas 7.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji z. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan purposive yaitu peserta didik yang berada pada kelompok tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan nilai hasil tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo mencapai batas lulus aktual, (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo mencapai ketuntasan klasikal, (3) rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan Edmodo lebih baik dibandingkan rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran PBL, (4) proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran AIR berbantuan edmodo lebih baik dibandingkan proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik pada model pembelajaran PBL, (5) subjek pada kelompok tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis. Subjek pada kelompok sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis. Subjek pada kelompok rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran AIR, Edmodo.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:16
Last Modified: 13 Oct 2020 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39733

Actions (login required)

View Item View Item