PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU EKONOMI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG


Hikmah Irnawati , 3301404533 (2009) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU EKONOMI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU EKONOMI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU EKONOMI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG ) - Published Version
Download (690kB) | Preview

Abstract

Masalah pengelolaan kelas bukanlah merupakan tugas yang ringan. Berbagai faktorlah yang menyebabkan kerumitan itu. Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas dibagi menjadi dua yaitu, faktor intern dan faktor ekstern. Tujuan penelitian ini :Mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi guru ekonomi terhadap efektivitas pengelolaan kelas SMK Negeri di Kota Semarang, Mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas pengelolaan kelas SMK Negeri di Kota Semarang, Mengetahui motivasi guru terhadap efektivitas pengelolaan kelas SMK Negeri di Kota Semarang Populasi dalam penalitian ini adalah semua guru ekonomi SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 9 Semarang yang berjumlah 51, subjek yang ada kurang dari 100 maka penelitian ini adalah penelitian populasi.Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi ganda.Analisis deskriptif persentase menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah kategori cukup baik (65,62%), motivasi guru kategori cukup baik (62,40%), dan pengelolaan kelas kategori cukup baik (64,41%). Hasil penelitian ini kepemimpinan kepala sekolah t hitung 3,235 dengan signifikansi 0,002. Karena signifikansinya diperoleh kurang dari 0,05, nilai t yang diperoleh signifikan, sedangkan variabel motivasi guru di peroleh t hitung 3, 533 dengan signifikansi 0,001 yang diperoleh kurang dari 0,05, menunjukkan nilai t yang diperoleh signifikan, diperoleh Fhitung: 24,256 dengan signifikan sebesar 0,000 karena harga signifikan kurang dari 0,05 menunjukkan nilai Fhitung yang diperoleh tersebut signifikan. Dengan demikian secara simultan ada pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru terhadap efektivitas pengelolaan kelas. Kesimpulan dalam penelitian ini Ada pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru terhadap efektivitas pengelolaan kelas diperoleh F hitung 24,256 dan nilai R² 0,503 atau 50,30%,ada pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas pengelolaan kelas,Semararng diperoleh t hitung sebesar 3,235 dan r² 0,423 atau 42,30 %,ada pengaruh positif motivasi guru terhadap efektivitas pengelolaan kelas SMK Negeri di Kota Semarang diperoleh t hitung sebesar 3,533 dan r² 0,454 atau 40,54%.Saran yang penulis ajukan: 1) Guru dan Kepala Sekolah SMK Negeri di Kota Semarang harus mempertahankan dan meningkatkan efektivitas pengelolaan kelas. 2) Kepala sekolah sebagai pendidik perlu di tingkatkan. 3) motivasi guru untuk mengelola kelas kurang terlaksana dengan baik. Hendaknya kepala sekolah sering melakukan penilaian pelaksanaan tugas sehingga guru termotivasi bekerja lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Pengelolaan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 01:09
Last Modified: 25 Apr 2015 05:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3973

Actions (login required)

View Item View Item