GAMBARAN KUALITAS UDARA SO2 DAN NO2, FAKTOR INDIVIDU, PENGGUNAAN MASKER DAN KELUHAN SESAK NAPAS PEMULUNG (Studi Kasus di TPA Blondo Kabupaten Semarang)


Dian Fitriana, 6411414111 (2019) GAMBARAN KUALITAS UDARA SO2 DAN NO2, FAKTOR INDIVIDU, PENGGUNAAN MASKER DAN KELUHAN SESAK NAPAS PEMULUNG (Studi Kasus di TPA Blondo Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GAMBARAN KUALITAS UDARA SO2 DAN NO2, FAKTOR INDIVIDU, PENGGUNAAN MASKER DAN KELUHAN SESAK NAPAS PEMULUNG (Studi Kasus di TPA Blondo Kabupaten Semarang)]
Preview
PDF (GAMBARAN KUALITAS UDARA SO2 DAN NO2, FAKTOR INDIVIDU, PENGGUNAAN MASKER DAN KELUHAN SESAK NAPAS PEMULUNG (Studi Kasus di TPA Blondo Kabupaten Semarang)) - Published Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

TPA Blondo memiliki potensi menjadi sumber pencemaran udara dan berpotensi mengganggu kesehatan pemulung. Faktor yang mungkin menyebabkan gangguan pernapasan pemulung yaitu faktor individu dan pencemaran udara di TPA yang disebabkan karena aktivitas pengelolaan sampah yang berpotensi menghasilkan gas SO2 dan NO2. Hasil survei pendahuluan dengan 15 orang pemulung di TPA Blondo, 2 orang mengeluhkan pernah sesak napas. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kadar SO2, Kadar NO2, faktor individu, penggunaan masker dan keluhan sesak napas pemulung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini 50 orang pemulung yang bekerja di TPA Blondo dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan disajikan dalam bentuk persentase. Hasil menunjukkan bahwa pada pengukuran kadar SO2 di dalam dan luar TPA sebesar 32,917 μgr/Nm3 dan 20,234 μgr/Nm3. Sedangkan hasil pengukuran kadar NO2 di dalam dan luar TPA sebesar 21,665 μgr/Nm3 dan 18,35 μgr/Nm3. Kadar SO2 dan NO2 pada kedua titik lokasi masih memenuhi nilai baku mutu. Persentase keluhan sesak napas pada lokasi dalam dan luar TPA yaitu sebesar 38,71% dan 21,05%. Simpulan penelitian ini yaitu pada kadar SO2 dan NO2 yang lebih tinggi persentase keluhan sesak napas juga lebih tinggi. Disarankan untuk menggunakan APD masker saat bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TPA Blondo, SO2, NO2, Sesak Napas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:12
Last Modified: 13 Oct 2020 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39728

Actions (login required)

View Item View Item