HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN (Studi Kasus 5 Puskesmas di Kota Semarang)


Intan Nurjannah Pratiwi Trisna, 6411414104 (2019) HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN (Studi Kasus 5 Puskesmas di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN (Studi Kasus 5 Puskesmas di Kota Semarang)]
Preview
PDF (HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN (Studi Kasus 5 Puskesmas di Kota Semarang)) - Published Version
Download (891kB) | Preview

Abstract

Jumlah puskesmas di Kota Semarang yang tersertifikasi akreditasi per Februari 2018, yaitu 31 puskesmas. Selain itu, belum diketahui mengenai gambaran dari tingkat kepuasan pasien, baik sebelum maupun sesudah terakreditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan (studi kasus 5 puskesmas di Kota Semarang). Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 101 responden dengan teknik proportionate simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terstruktur dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini adalah status akreditasi puskesmas kategori tidak terakreditasi (p=0,000), terakreditasi dasar (p=0,000), terakreditasi madya (p=0,024), terakreditasi utama (p=0,217), dan terakreditasi paripurna sebagai pembanding. Setelah dikendalikan dengan variabel pendidikan, pendapatan, status pekerjaan, dan jenis pembiayaan (r2=42,0%; AUC=82,7%) hanya kategori tidak terakreditasi dan terakreditasi dasar yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Simpulan penelitian ini, yaitu ada hubungan antara status akreditasi puskesmas kategori tidak terakreditasi, terakreditasi dasar dan terakreditasi madya terhadap tingkat kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Akreditasi, Kepuasan Pasien, Puskesmas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:03
Last Modified: 13 Oct 2020 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39720

Actions (login required)

View Item View Item