PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 PERON KENDAL


Ika Nurrohmah, 1401416432 (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 PERON KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416432.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait sumber belajar dan bahan ajar yang kurang lengkap. Dalam pembelajaran yang telah berlangsung sebelumnya guru belum maksimal dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa, karena guru menggunakan ceramah sehingga hasil belajar siswa muatan pembelajaran IPS rendah. Buku yang digunakan belum menarik siswa untuk lebih aktif mengikuti pembelajaran. Siswa membutuhkan suatu alternative baru untuk dapat mempermudah siswa memahami materi aktivitas ekonomi.Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengembangkan desain buku ajar berbasis mind mapping muatan pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi kelas IV SDN 1 Peron Kendal, (2) Menguji kelayakan buku ajar berbasis mind mapping muatan pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi kelas IV SDN 1 Peron Kendal, (3) Menguji keefektifan buku ajar berbasis mind mapping muatan pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi kelas IV SDN 1 Peron Kendal. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Peron Kendal, sedangkan sample penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Peron kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan buku ajar berbasis mind mapping berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dinyatakan oleh ahli materi sebesar 88% (sangat layak) dan ahli media sebesar 82% (sangat layak). Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,415 dan ttabel sebesar 2,048 maka thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,4081 dengan kreteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu buku ajar berbasis mind mapping berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pada penelitian ini yaitu dapat menjadi salah satu bahan ajar yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS pada materi aktivitas ekonomi maupun untuk muatan pembelajaran lain dengan lebih inovatif dan juga menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas ekonomi; buku ajar; mind mapping
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:45
Last Modified: 13 Oct 2020 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39669

Actions (login required)

View Item View Item