PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Reza Dwipta Setyawan, 1401416102 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca pada peserta didik di Indonesia masih rendah. Hal tersebut dipengaruhi dengan kurangnya media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan efisien, dapat dibuktikan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di kelas III SDN Purwoyoso 03 Semarang. Ditemukannya bahwa siswa kesulitan untuk membaca pemahaman pada soal cerita perubahan cuaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media Kartu Kuartet berbasis alam untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di kelas III SDN Purwoyoso 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model ADDIE. Prosedur penelitian ini adalah analyze, design, development, implementation dan evaluate Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Purwoyoso 03 Semarang Penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas, yaitu media kartu kuartet berbasis alam dan satu variabel terikat, yaitu keterampilan membaca pemahaman. Pengumpulan data menggunakan observasi, uji tes soal, wawancara, angket dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kartu Kuartet sangat layak digunakan dengan skor penilaian kelayakan komponen isi materi 75% dengan kriteria layak dan penilaian kelayakan komponen kelayakan media 91% dengan kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media Kartu Kuartet berbasis alam layak digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Saran penelitian ini adalah media Kartu Kuartet berbasis alam dapat dijadikan alternatif media pembelajaran bagi peserta didik dan selanjutnya dapat mengembangkan media Kartu Kuartet dengan menyesuaikan materi yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbasis alam;kartu kuartet; membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:33
Last Modified: 13 Oct 2020 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39657

Actions (login required)

View Item View Item