EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI PLAYGROUP “ANNISA” PEKAJANGAN KABUPATEN PEKALONGAN
Pindo Cynthia N , 120405022 (2009) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI PLAYGROUP “ANNISA” PEKAJANGAN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI PLAYGROUP “ANNISA” PEKAJANGAN KABUPATEN PEKALONGAN)
- Published Version
Download (577kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermaksud mengetahui efektivitas pengelolaan program pendidikan anak usia dini (PAUD) di playgroup Annisa pada bulan juli 2009. Hal ini didasari bahwa Masalah utama pelaksanaan program PAUD di Indonesia adalah minimnya layanan program PAUD, rendahnya angka partisipasi anak usia dini di daerah tertinggal serta rendahnya kualitas layanan program PAUD. Bertitik tolak dari permasalahan diatas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektivitas pengelolaan program PAUD di Playgroup “Annisa” Pekajangan Kabupaten Pekalongan. 2) Mengetahui faktor penunjang dan penghambat pengelolaan program PAUD di Playgroup Annisa Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dan analisis deskripsi prosentase. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan objek yang diambil dari pengelola dan pendidik playgroup Annisa sebanyak 15 orang yang menyelenggarakan program pada bulan juli 2009. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pengelolaan program PAUD termasuk dalam kategori efektif dengan jumlah prosentase 77,7% dan pada setiap aspeknya yaitu aspek perencanaan program PAUD 82,3% termasuk kategori sangat efektif, aspek pengorganisasian program PAUD sebesar 73,6% termasuk kategori efektif, aspek pelaksanaan program PAUD sebesar 75,2% temasuk kategori efektif, aspek pengendalian program PAUD sebesar 75% temasuk kategori efektif dan aspek pelaporan program PAUD sebesar 72,5% trmasuk katgori efektif. Faktor penunjang Pada proses pengelolaan program Playgroup “Annisa” mendapat tanggapan positif dari warga sekitar sehinngga untuk proses selanjutnya tidak ada hambatan yang berarti, faktor penghambat Kurangnya tempat pelaksanaan pengelolaan program kurangya perhatian pengelola terhadap insetif atau bonus untuk pendidik. Akhir dari penelitian ini berisi tentang saran yaitu pelaksanaan pengelolaan program PAUD dapat berjalan dengan efektif hendaknya pengelola lebih memperhatikan manajeman program yang sudah berlangsung agar tetap berjalan dengan lancar. Pengelola hendaknya menambah jumlah pendidik karena bertambahnya jumlah murid dan lebih memperhatikan insentif atau upah tambahan bagi pendidik yang bekerja ekstra.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Pengelolaan Program, Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 00:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3965 |
Actions (login required)
View Item |